Minggu, 20 Mei 2012

The Heath Company Heathkit HW-101 Transceiver

Salam Hangat kepada rekan rekan pencinta radio tua / klasik atau Vintage Radio. Pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan salam sejahtera tuk semua rekan-rekan pengikut blog saya dan kepada pembaca setia. Semoga anda menikmati Liburan Panjang / Long-long weekend ini untuk beristirahat, mengujungi sanak saudara, cari makan yang lezat sampai ke pelosok-pelosok kota Jakarta atau di kota masing-masing pembaca, melakukan kegiatan hobi atau jalan-jalan keluar kota atau ke luar Negeri. Untuk saya, liburan panjang ini adalah suatu kesempatan untuk melakukan kegiatan beberapa hobi saya, seperti melakukan latihan GOLF dan di malam hari, saya coba merestor radio klasik yang sudah saya beli tapi belum sempet memperbaikinya. Disamping itu, saya juga meluangkan waktu tuk meng-update BLOG ini dengan pengalaman saya dalam proses memperbaiki radio klasik koleksi saya.

Radio klasik yang saya coba restor ke posisi seperti awal adalah Heathkit HW-101, sebuah Transceiver HF SSB/CW 80M - 10M dengan RF Output sebesar 100 Watt. Pesawat ini diproduksi dalam bentuk "KIT" oleh the Heath Company diawal tahun 1970an sampai 1983.

The Heath Company atau Heathkit adalah perusahaan elektronik yang berpusat di Benton Harbor, Michigan, USA.  Didirikan di tahun 1912 oleh Edward Heath (lihat foto dibawah ini), perusahaan ini dibentuk awalnya sebagai pembuat pesawat terbang. Namun pendirinya, Edward meninggal dunia dalam suatu musibah kecelakaan saat menguji sebuah model pesawat baru. Ditinggal Edward, Heath Company sempet beberapa kali berpindah tangan/pemilik.


Di tahun 1955, Daystorm Inc, USA membeli perushaan Heathkit dari alih waris pemilik yang ke tiga, yaitu Howard Antony. Howard juga meninggal dalam sebuah musibah kecelakaan pesawat yang tragis saat menguji pesawat terbang baru (test flight) merek DeHavilland Dove bermesin ganda baling-baling yang ingin dibeli untuk kepentingan usahanya. Pada saat Howard memiliki perusahaan Heath Company, beliau menambah rangkian produk dari hanya memproduksi pesawat tuk sipil dan militer, Heath Company membuat juga alat-alat ukur presisi seperti VTVM, oscilloscope dan radio komunikasi untuk industri kedirgantaraan (aircraft industry). Pemilik ke empat ini, yaitu Daystorm Inc. merubah misi perusahaan Heath Company dari pembuatan pesawat terbang menjadi perusahaan elektronika terkemuka di Amrik saat itu. Sebuah pabrik baru yang megah dibuat dan selesai di tahun 1958 di Benton Hill, Michigan (lihat foto). Divisi baru, yaitu HEATHKIT juga dibentuk tuk memproduksi perangkat elektronik dalam bentuk KIT.


Rupanya di era tahun 1950an sampai dengan 1980an, banyak HAM di Amrik sangat menggemari membuat atau merakit Transceiver dan alat-alat rumah tangga lainnya seperti TV, radio receiver, stereo dll dari KIT. Maka pada era tersebut banyak KIT di produksi oleh perusahaan-perusahaan dari yang Besar seperti Heath Company sampai yang skala "Home Industry" seperti Oak Hills Reserach/OHR, Hendriks QRP Kits, Elecraft, dll. Di era tersebut dimana permintaan Kit Radio cukup baik, banyak juga perusahaan "Home Industry" berhasil dan menjadi perusahaan menengah seperti ELECRAFT yang sangat popular dengan produk transceiver KIT seperti Elecraft K1, K2 dan K3.

Sebaliknya, ada juga perusahaan "tua" seperti Heathkit yang dibentuk di era tahun 1912 di Amrik dan berjaya di era tahun 1950an sampai dengan awal 1990an akhirnya "tutup pintu" alias bangkrut. Antara lain perusahaan besar ini tidak bisa lagi melawan barang-barang impor dari Jepang, Taiwan, Korea Selatan dan sekarang ini dari the Mighty China !! Lagi pula, karena pola hidup manusia di era tahun 1990an-2000an sudah banyak berubah atau super sibuk, terutama dengan adanya teknologi muktahir dalam segi "communications", "information super high way via internet" dan smart phones, maka secara keseluruhan, komunikasi via radio sudah dianggap JADUL atau tidak praktis. Kaum Manusia juga sudah makin sibuk dan maunya cuma ke hipermart tuk membeli barang yang siap pakai, memakai dan membuang. Tidak lagi mau pusing-pusing membuat radio dari kit atau membuat mie dari tepung dan telur tapi langsung yang siap saji.

Maka, tidak heran lagi kalau perusahaan seperti Heathkit yang sudah besar tidak bisa "berbalik arah" dengan cepat tuk mengikuti trend dunia yang baru dan dinamis. Akhirnya mereka menyerah. Di tahun 1990an, the Heath Company tidak lagi membuat KIT tapi memfokus dirinya dibidang Pendidikan / Education tuk sekolahan dan perusahaan swasta dengan menggunakan teknologi muktahir. Namun dikarenakan resesi dunia yang cukup panjang ini, diawal tahun 2012, Heathkit Educational Systems juga telah berhenti kegiatan nya dan sepertinya akan melempar "Handuk Putih" atau "TUTUP" selama-lamanya.


Apapun yang akan terjadi kepada Heath Company, yang pasti perusahaan ini sudah memberikan banyak kontribusi kepada pengembangan High Technology.di dunia ini. Produknya sangat luas dari alat-alat ukur dasar seperti Dip Meter, VTVM, kounter frekuensi, oscilloscope, TV, h-fi stereo, transceiver, alat musik sampai komputer, bahkan robotics (lihat foto-foto diatas and dibawah). Semuanya dalam bentuk KIT yang harus dirakit oleh pemakainya atau user.

Yang jelas, banyak pencipta perangkat High-Tech seperti co-founder Apple Computers, Steve Wozniak dan mantan CEO Apple Computers, alm. Steve Jobs (my Hero !!) adalah penggemar produk-produk Heathkit. Banyak pula insinyur yang ternama juga penggemar Heathkit. Sepertinya produk Heathkit menjadi "katalis" dan inspirasi untuk banyak orang dan saya yakin Heath Company secara tidak langsung juga berhasil mencetak kaum Hawa yang lebih Kreatif. Sayangnya, sekarang ini tidak ada lagi perusahaan seperti Heathkit dan dunia ini sudah menjadi dunia dengan konsep serba siap pakai/siap saji dan juga siap buang karena tidak ada waktu lagi atau sangat mahal tuk diperbaiki, hehehe.



Model transceiver yang saya kerjakan saat Long Long weekend ini adalah transceiver HEATHKIT HW-101 yang sering dijuluki sebagai HOT WATER Wan-OH-Wan (lihat foto dibawah dari sebuah iklan dari tahun 1970an). Kenapa HOT WATER atau air panas? Dikarenakan transceiver ini masih menggunakan TABUNG/Vacuum Tubes sebanyak dua puluh buah dan kalau sudah "warm up", radio ini lumayan hangat dan bisa digunakan tuk memasak air !! hehehehe. Saya yakin rekan-rekan penghobi Home Brew atau yang seneng buat radio Cepek Meter AM (100 M) yang menggunakan tabung dapat mengerti maksud saya. :)




Kembali kepada Heathkit HW-101, transceiver ini diproduksi dalam bentuk kits dan ditawarkan kepada komunitas HAM seluruh dunia dari awal tahun 1970an sampai pertengahan 1980an. Infonya bahwa lebih dari 40,000 unit terjual. Di Indonesia, sayangnya cuma satu rekan yang saya tau mempunyai transceiver ini, yaitu OM Hari, YC1RHS di Cilegon. Merek Heathkit di Indonesia tidak terlalu dikenal dan produk yang paling umum adalah VTVM (volt meter) dan Linear Amp model SB-220 (1 KW) dan SB-200 (500 Watt) yang masih banyak dipergunakan oleh rekan-rekan amatir.

Di Amrik, HW-101 ini dijuluki sebagai POOR MAN's Collins. Di era tahun 1960an, produk Transceiver Collins seperti seri KWM harganya sangat tinggi sampai lebih dari  US$2000 tuk transceiver dan PSU nya saja dan itu juga uang dolar di tahun 1960an. Mungkin kalau distel ke tahun sekarang bisa mencapai Rp100 jutaan !!! Maka Heathkit membuat transceiver yang mirip dari segi desain dan teknologi seperti Collins KWM tapi dengan harga yang sangat terjangkau oleh konsumen umum (mass market) dan khususnya untuk komunitas radio amatir (radio amateurs). Kit HW-101 dijual dengan harga US$300an atau kurang lebih senilai Rp15 jutaan sekarang ini. Collins memfokuskan dirinya untuk melayani segmen pasar militer, pemerintahan dan korporasi seperti perusahaan tambang minyak, emas dan semacam nya. Saat itu belum ada produk Jepang yang murah meriah membanjiri pasar transceiver di Amrik, maka HW-101 ini sangat popular. Bahkan, kalau kita lihat desain dari produk Yaesu dan Kenwood di era tahun 1960-1970an, ada banyak bersamaan atau kemungkinan besar sekali bahwa produk Jepang saat itu "meniru" pula desain produk-produk Amrik. Selain HW-101, Heathkit juga mengeluarkan Transceiver kit khusus tuk HF SSB only yang monoband seperti model HW-12 (80m), HW-22 (40m) dan HW-32 (20m). Harganya lebih terjangkau lagi (lihat foto dibawah) dengan harga Rp 3 jutaan nilai uang sekarang.


Selama beberapa hari ini, saya sempet melakukan beberapa hal untuk menyempurnakan kembali HW-101 yang saya beli dari Amrik hampir dua tahun yang lalu. Final tuk PA nya menggunakan sepasang 6146 polos dan driver nya menggunakan 6CL6 yang cukup langka. Audio section nya menggunakan tabung 6GW8 dan, IF Amp, product detector, mic amp dan Oscillator mengunakan tabung 6AU6, 6BN8, 12AU7 dan 12AT7. Total tabung sebanyak 20 tabung (lihat foto dibawah).


Selain mengetes seluruh tabung-tabung dengan menggunakan tube tester merek Sanwa, saya dan rekan OM Edwin juga melakukan beberapa perbaikan terutama mengganti kapasitor dan resistor yang telah "melar" nilainya atau bocor. Pengukuran resistor dan voltage saya lakukan dengan VTVM Heathkit yang sudah dikalibrasi ulang. Tabung-tabung yang telah lemah juga diganti seperti ada dua buah tabung 6AU6 di VFO dan MIC AMP yang sudah mau habis emisinya diganti dengan yang baru (thanks OM Edwin, YD0OOV atas suplai tabung baru nya). Chasis nya juga saya bersihkan dengan kuas dan ditiup dengan angin kompresor. Trafo dan koil-koil tuk RX and TX saya alignment ulang dengan menggunakan Signal Generator yang so-pastinya merek Heathkit juga, hehehe (lihat video dibawah ini dengan OM Edwin sebagai Montir HW-101nya). Terdengar audio HW-101 saat receive menggunakan eksternal spiker dimana audio bu Hani, YC0UI terdengar dengan merdu dan baik dengan kualitas HI-FI di band 40 meter (dung-dung cis cis kah?!). :)



Sesudah dilakukan pembersihan, perbaikan dan alignment ulang, tiba saatnya tuk menge-tes HW-101 on air. Beberapa on air testing dilakukan pada Sabtu siang (19 Mei) di 40m dengan beberapa rekan seperti OM Amri, YC0TIO dan bu Yeti YF0ADO dengan audio report yang sangat baik. Lalu saya melakukan tes CW dengan rekan DX JJ3JL yang sempet saya rekam dan download videonya di YouTube. Link ke videonya sbb:

http://youtu.be/-5X9LVWWV1s

Hasil testing TX and RX sangat membahagiakan dan selesai pula proses "restoration" radio klasik ini (lihat foto dibawah). Terus terang, banyak radio moderen yang jauh lebih canggih dibanding radio klasik ini, tapi ada yang bisikin saya bahwa, "JOY, radio moderen bisa dibeli dengan uang, kalau HW-101, ada uang pun ga tentu bisa dibeli !!"..Sepertinya saya setuju dengan bisikan rekan saya ini 100% !! Kalau menurut saya, Real Radio GLOWS in the Dark. Yang lain cuma radio plastik. Ga ada serunya..hehehe..


So, kepada rekan-rekan pembaca, mohon maaf kalau ada kata-kata yang tidak berkenan dan mohon maaf juga bahwa BLOG saya ini jarang diupdate. TAPI saya berjanji bahwa BLOG ini akan tetap diupdate dengan artikel yang mudah-mudahan tidak jenuh, bosan atau "itu-itu lagi", so SABAR yaaa. Saya tetap berupaya tuk melakukan update. Sering-sering mampir ke BLOG saya ini tuk "ceking-ceking" update berikutnya. Thanks very much sebelumnya. :)

Salam hangat kepada semua rekan-rekan dan sekali lagi Have a nice Long Long Weekend !!

Salam,
73, de JOY/YB0NSI.

12 komentar:

  1. Om Joy.....Congratulations untuk proyeknya dan terima kasih atas sharingnya melalui blog ini.
    Salam de YB3OX Agung

    BalasHapus
    Balasan
    1. OM Agung, terima kasih dan mudah mudahan tar jumpa di frekuensi.. Salam, 73 de JOY/YB0NSI.

      Hapus
  2. Sekali Jadoel tetap Jadoel !!!, Hidoep Radio Jadoel.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting OPERATORnya GA Jadul !! hehehehe..73 de JOY.

      Hapus
  3. abis nonton film Frequency ...ternyata Radio yg dipakai ini ya om Jo !

    BalasHapus
  4. OM Andy, yang di film Frequency adalah model SB-301. Sebenarnya radio tsbt adalah cuma receiver. Kembaran nya adalah SB-401 sebagai transmitter. Dua-duanya dari Heathkit. 73, de JOY/YB0NSI.

    BalasHapus
  5. Salam kenal Om Joy, bisa nggak 6CL6 diganti 6AV6, trims Jamal http://pemancarradiolawas.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. OM Jamal, Selamat Tahun Baru 2013..Saya sdh cek di internet and sepertinya tidak cocok. Coba di cek di : http://www.nostalgickitscentral.com/info/tubexref6.html .. Salam 73, de YB0NSI

      Hapus
  6. pak Joy, salam kenal. saya tertarik dengan radio cb untuk komunikasi. mhn info nomor handphone untuk tanya2 produk. saya bisa dihub di 0852 8613 6041. terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah saya balas via sms ke no hp anda Om...thanks.

      Hapus
  7. Ternyata ada yang lain juga sebelum kita kita pakai om Joy, yaitu John Sproat YB0ACL sudah pakai nih radio trcv HotWater One-O-One tahoen 82
    http://www.qcwa.org/yb0acl_station.htm

    BalasHapus
  8. ada lagi teman lokal cilegon yang pakai HW-101 yaitu om Tam/YB1WAA wah bagus radionya

    BalasHapus