Senin, 07 Juni 2010

Vintage Midland CB Walkie Talkie era tahun 1960-70an..


Tadi malam saya mencoba Midland CB model 13-755B dalam bentuk Walkie Talkie era akhir 1960-1970an..CB ini memiliki 6 channel tapi cuma terisi sepasang kristal tuk TX dan RX di Channel 7/27.085 Mhz..Power Output sebesar 2.5 Watt dan bisa distel tuk LOW Power sebesar 1 Watt..CB ini beratnya 2.5 kilogram seperti 2 keping batu bata, komplit dengan 8 baterai warung ukuran AA @ 12 V DC..Seluruh chasisnya dibuat dari besi/all metal chassis..Di Amrik dan Eropa, CB ini cukup popular di tahun 1960-70an karena chassisnya yang tahan benturan seperti sebuah TANK militer :) ..Aplikasi utama adalah untuk komunikasi 2 arah dan sering digunakan dilapangan/field work terutama dibidang konstruksi, pertambangan dan pabrikan..Dimensi radio ini kurang lebih 30 cm tingginya, dengan ketebalan 5 cm..Lebarnya kurang lebih 6 cm atau 1.5 kali lipat lebih besar dari HT 2m ICOM-IC2N..Cocok lah tuk dibawa-bawa oleh "orang bule"..Kalau tuk orang Timur, sepertinya lengan kita cepet pegel..hihi..

Dengan power source dari 8 baterai tipe AA dan menggunakan built-in antena teleskopik yang panjangnya hampir 90 cm, saya coba transmit di atas dak rumah..Dengan menggunakan Hi-Power/2.5W, saya coba kontak di Channel 7 dengan rekan yang tinggal di Kembangan, Jakarta Barat..Jaraknya kurang lebih 8 kilometer dari QTH saya..Sayangnya, saya cuma dapat kopi beliau cukup jelas tapi beliau tidak dapat mendengar saya..

Kembali ke radio shack, saya menggunakan 13.8V DC dari power supply unit dan disambung langsung ke antena luar Gazden melalui Antena Input disamping radio dengan menggunakan jack RCA (lihat foto)..Hasilnya lumayan dan dengan Hi Power, saya dapat diterima rekan di Kembangan dengan report S-57 dan modulasi AM mulus tanpa cacat..Dengan menggunakan Low Power/1W, signal strength saya drop menjadi S-55..Saya cabut DC dari PSU dan TX Low Power menggunakan DC supply dari 8 baterai baru didalam radio dan antena luar Gazden..Hasilnya lumayan dan direport S-55 dari rekan di Kembangan..Lalu bergabung satu rekan lagi dari seputaran Cengkareng (kurang lebih 15 kilometer dari QTH saya) dan beliau juga memberikan report yang sama..Hasil AUDIO dari speaker-mic juga sangat baik..Modulasi 2 rekan dapat saya terima dengan jelas dengan kualitas audio cendrung ke "bright"..Seperti sedang menyimak radio BC Sonora :)..

Selain TX menggunakan speaker sekaligus MIC yang built-in, kita bisa juga menggunakan aksesoris external microphone Midland ori model 18-138..Namun MIC ini sangat langka dan sampai sekarang saya masih belum mendapatkan nya..Mungkin kalau ada teman2 yang mengetahui, tolong memberitahu saya melalui email..Radio ini bisa juga digunakan tuk Public Announcement (PA) seperti radio CB biasa..Seharusnya ada sarung kulit tapi karena umur, sarungnya sudah hancur..Tersedia juga External Battery Pack (18-137) yang bisa kita isi dengan 8 baterai AA tuk cadangan..Disediakan juga Charging Jack tuk mengcharge baterai NiCad kalau kita milih menggunakan baterai NiCad atau NiMh..Radio ini juga bisa digunakan tuk di kendaraan dengan menggunakan antena luar 11 meter tipe Base Coil biasa atau antena asli Midland model no. 18-210..

Saya cantumkan juga schematics tuk yang berminat..Model ini menggunakan 15 transistor + 1 Integrated Circuit (IC)..Lumayan canggih di jaman nya..Di era akhir tahun 1960, pesawat radio yang telah menggunakan IC dianggap Hi-Tech :)..Apalagi radio komunikasi yang sifatnya portable dan relatif enteng dibanding dengan pesawat radio yang lain nya pada saat itu..

Demikian mini review saya terhadap Walkie Talkie Vintage era tahun saya masih duduk di taman kanak-kanak..Walaupun sudah berumur 40 tahun, penampilan nya masih seperti baru dan mengkilap..Saya merasa sedang melalui Time Travel ke tahun 1970an tuk melakukan review perangkat ini :) ..Mudah-mudahan pembaca artikel ini bisa mengappresiasi terhadap kemajuan teknologi selama 4 dekade dimana sekarang ini, pesawat komunikasi HT moderen seperti Yaesu VX-1 VHF/UHF hanya sebesar telapak tangan yang beratnya hanya 500 gram tapi outputnya 1 W.. 

Salam, JOY/YC0NSI


6 komentar:

  1. Apakabar Om JOY ??

    Kemarin tepatnya tanggal 12 Juni 2010, saya jalan2 ke Glodok ke Lt 3 Toko JUMBO Breaker, Dah lama juga tidak mampir ke situ. Sempat bertemu dengan Boss Efendy pemilik Toko tersebut, setelah berbincang cukup lama berbicara seputar koleksi CB dan HF beliau menawarkan kepada saya seperangkat radio Yaesu FT-150C terdiri dari : Breaket, Ext Speaker dan Mic Yaesu : keseluruhnya dalam kondisi orisinil, karena melihat Antiknya akhirnya saya ambil juga dengan harga 500rb+ongkos bungkus dan kirim 175rb. Rencananya nanti saya coba modifikasi ke 27 Mhz kita2 coba test,,test modulasi ya ,,di 27 Mh. Good luck Om Joy !!! nice article.

    BalasHapus
  2. Hello OM Jopie, FT-150C sangat langka dan kalau tidak salah radio channel hybrida dimana driver and finalnya dari Vacuum Tube..Selamat bereksperimen..Salam, JOY/YC0NSI..

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Hi, they are very good vintage radios..Thanks for dropping by..

      Hapus
  4. Salam kenak Om. Maaf saya menawarkan radio jenis seperti itu ada 2 pcs dan 2 pcs ht nya, saya kurang paham, dulu paman saya membawa itu daru jepang kini sdh tdk terpakai. Wa 081290213754

    BalasHapus
  5. Tolong dong di ulas tentang radio CB SA kerna banyak yang suka katanya sih satu satu radio CB yang powernya gede mungkin ada kelebihan dan kekurangan lain menurut pengalaman om bisa dibagi pengetahuanya di forum membahas radio CB clasic,terimakasih...

    BalasHapus