Video Radio HF Jadul

Loading...

Selasa, 15 Juni 2010

YAESU FT-7B si Bandit Bermata Cantik

Sudah  hampir satu minggu saya "jatuh cinta" kembali dengan si Bandit dengan mata cantik..Sayangnya mata tersebut bukan dikepala manusia kaum Hawa, tetapi di kepala radio HF All Band merek Yaesu FT-7B atau sering disebut-sebut sebagai radio "Tujuh Bandit" produksi YAESU periode akhir 70an sampai pertengahan 80an..Ironisnya, radio dengan mata cantik juga dikategorikan oleh amatir di YB Land sebagai radio "buta", atau radio "tongkat" karena pemakainya tidak bisa pasti bahwa frekuensi yang didisplay sudah zero beat dengan lawan bicara..Akibatnya, sering kali saat dimulainya QSO, saya harus minta report signal dan apakah sudah zero beat?  :)..Kalau belum zero beat, maka harus diputar-putar halus dial VFOnya..Yang lebih unik lagi ada sebutan pula bahwa radio ini sebagai radio raja "selingkuh" karena saat baru dinyalakan sampai kurang lebih setengah jam, VFOnya akan mengalami drift/geser frekuensi sampai 10 Khz !! Sesudah lebih dari setengah jam dan VFOnya telah "warming up", driftnya tidak terlalu drastis sebesar kurang lebih 300 Hz perjam..


Ada dua versi FT-7, yaitu versi FT-7 gundul atau polos dengan output QRP/10 W dan si Bandit FT-7B dengan spesifikasi sebagai berikut:
Frequency range: 10-80 m
Mode: AM/SSB/CW
RF Power output: AM: 12 W
SSB/CW: 50 W
Receiver system: Single conversion superheterodyne
Sensitivity: 0.25 uV (10 dB S/N)
Selectivity: 2.4 KHz (-6 dB), 4 KHz (-60 dB)
Image rejection: 10 m: >50 dB, 15-80 m: >60 dB

Berat radio ini hanya 5 kiloan dan kira2 1.5x lebih besar dimensinya dibanding dengan CB jadul seperti Midland 7001..Maka FT-7B bisa dianggap sebagai radio PORTABLE dan bisa dipasang dikendaraan anda dengan bracket dan antena mobile yang pas..Di Amrik dan Eropa, radio ini terbilang sukses dan digemari oleh para pecinta alam dan para rekan amatir diprofesi sales karena dianggap radio HF di era 1980an yang enteng dan portable..Saat itu, banyak radio yang dianggap portable seperti FT-101, Kenwood TS-820 dan TENTEC 540 tetapi dalam segi dimensi dan beratnya, FT-7B tidak ada tandingan nya

Si Bandit ini cukup peka dalam RXnya dan selectivitynya cukup lumayan terutama kalau digunakan tuk bekerja DX..Saya coba melakukan DX di 20M (14.150 Mhz) dan hasilnya lumayan dengan catatan bahwa radio ini sudah saya nyalakan dan on stand by mode hampir 40 menit sebelum digunakan..Dengan MIC Gain disetting jam 3 atau 75% dan menggunakan MIC Cobra yang low impendasi/600 ohm, PEP Output rata2 40W..Komentar dari rekan lawan bicara lokal maupun DX stasiun adalah "Good and Bright Modulation"..Bahkan satu rekan dari Bekasi mengatakan bahwa Bandit saya ini sudah bisa mengalahkan seluruh Bandit2 di Nusantara dari segi kualitas modulasi :)..Kualitas modulasi dari segi RX dengan built in speakernya juga lumayan baik..Saya tidak mengalami kesulitan tuk mendengar modulasi lawan bicara dari lokal maupun DX hanya dari speaker internalnya..

Salah satu fitur yang menarik adalah mode AM yang tersedia tuk berkomunikasi di 11 meter yang sangat popular di era 1970-80an..Kadang saya sering juga mendengarkan SW broadcast di 41 meter band dengan hasil audio yang lumayan walaupun filter AM nya kurang lebar..Disediakan juga filter CW yang cukup sempit tuk berkerja di mode CW..Namun di mode CW, saya harus melakukan tuning offset nya sebesar 800 Hz antara TX and RX..Dan kalau saya pindah mode dari USB ke LSB, saya harus lakukan kalibrasi ulang dengan menggunakan signal zero beat dari built-in Markernya.. Kalau di radio moderen sudah dilakukan secara otomatis..

Di band 10C dan 10D sudah tersedia kristal tuk 11m sampai 28.000 Mhz..Menurut hemat saya, Yaesu sangat "cerdik" tuk memperkenalkan radio ini dengan fasilitas 11m SSB dan AM dimana banyak radio ini diserap juga oleh komunitas breakers diseluruh dunia terutama di Eropa, Amrik dan oleh anggota RAPI di era tahun 1970-80an..


Aksesoris yang utama adalah frequency counter atau display merek Yaesu model YC-7B (lihat foto dari internet)..Counter tersebut disambungkan ke belakang panel FT-7B dengan menggunakan connector Philips atau Din Plug..Dengan menggunakan YC-7B seperti memberikan kaca mata "keren" ke si Bandit supaya tidak buta lagi :) .. Namun aksesoris ini sangat langka dan saya masih tetap mencarinya..Bilamana ada rekan yang mengetahuinya, mohon email ke saya..

Demikian mini review saya terhadap Yaesu FT-7B, si radio dengan beberapa julukan dari Bandit Kota, ke si Buta dari Gua Hantu sampai si radio Playboy karena sering selingkuh, namun menurut saya, radio ini sangat spesial dan saya anggap radio ini sebagai Radio dengan Mata Cantik..Walaupun radio ini tidak secanggih radio2 moderen, saya yakin banyak amatir akan "jatuh cinta" dengan nya bukan hanya karena matanya yang cantik, tetapi juga karena radio ini tidak ribet tuk dioperasikan dengan suara audionya yang lembut..Mudah mudahan rekan2 yang telah membaca artikel ini bisa memberikan komentar tentang kenang kenangan manis yang telah dialami saat menggunakan radio FT-7 Bandit....

Salam, JOY/YC0NSI..

8 komentar:

  1. Salam kenal pak Joy.
    Saya tidak terlalu banyak mempunyai rig.
    Dari beberapa yang saya punyai yah tinggal FT 7 ini yang saya pertahankan.

    Beberapa rig yang saya simpan tanpa dihidupkan selama lima tahun (TS 930, TS 430 ) kok padam semua displaynya. Tapi kok FT 707 nggak mati ?.
    Kata teman yang tau, yah begitulah kalau lama tidak dihidupkan system displaynya akan tidur.....
    Jadi saya pikir FT 7 ini nggak pakai display, dan walaupun nggak dihidupkan enam tahunan, masih tetap OK, pak Joy.

    Tapi sepengetahuab saya rig ini tidak menyediakan 11 m, tapi kan yang ada saya lihat 10m, A, B, C, dan D.
    Saya kira kalau ada 11 m, tentu sudah di modifikasi atau diganti xtal nya.

    Bagaimana kit homebrewnya nya apa masih dikutrak
    katrik.

    Angan angan saya mau buat seperi versi BITX itulah, tapi lagi ngumpulin skema yang lengkap dulu lah, karena seperinya BITX sudah banyak modifikasinya oleh rekan rekan luar.

    Sekian dulu pak Joy


    Adi Is, Jakarta Timur.

    BalasHapus
  2. OM Adi, setahu saya, kalau radio buatan Kenwood di tahun pertengahan 1980-1990an sering mengalami cold solder joint, atau solderan nya sdh tidak melekat karena umur..Kadang kalau dinyalakan dan didiamkan selama sejam dan radionya mulai panas, display nya bisa nyala kembali..Lebih baik di serahkan ke teknisi tuk di servis OM..Kalau rig Yaesu setahu saya sih jarang mengalami masalah tersebut..Tuk FT-7 nya OM Adi, dicoba Band 10 C dan D, biasanya sudah di install kristal 11 meter..BIT X nya sudah jadi tapi jarang dipakai karena cuma tuk eksperimen sambil belajar..:) .. Salam, JOY/YC0NSI

    BalasHapus
  3. Mungkin demikian rig jadul tsb.
    Setelah saya setle di Jakarta sekitar 1998, saya bongkar kotak wasiat yang telah lama tak saya buka, karena awal krismon, pelahan saya perbaiki, setelah ok saya lego saja untuk ditukar beras.
    FT7 maksud saya yang asli, kalau di modif ya tentu bisa.
    Rencananya Sabtu ini mas Amin cs akan kumpul ditempat saya, kalau anda ada waktu, silahkan gabung ke pondokan saya di Pondok Bambu.
    Saya sudah tidak aktif di organisasi, karena IAR saya sudah gosong puluhan tahun lalu, tapi sekedar matri matri masih saya lakukan, sebagai pengisi waktu.
    ada waktu silahkan hubungi saya di 012-8614988

    adi.

    BalasHapus
  4. Hello OM Adi, sori saya tidak bisa ikut bergabung karena baru saja kembali dari liburan..Di acara berikutnya pasti saya ikut hadir..Buruan IARnya diperpanjang supaya kita bisa berjumpa di frekuensi..Salam, JOY/YC0NSI..

    BalasHapus
  5. saya mencari yaesu ft 930 barangkali dapat membantu

    BalasHapus
  6. Hi OM Yus, salam kenal..kalao sempet mampir ke Ham Shop di Mirusa di Guntur, Jakarta Pusat atau sering2 nimbrung di 3.830-35 Mhz..kadang ada yang mau lepas radionya..Atau cek di www.bekas.com..kadang ada barang bagus..Salam, JOY/YC0NSI..

    BalasHapus
  7. ini radio paling asik dipakenya, recievenya bagus audionya mantap walaupun powernya kecil tapi oye. pengalaman pakai buat arrl tahun 2009 contest hahahahah seru......teriak - teriak lawan yg qro dan canggih2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup Om, FT-7B RX nya adem..good for contest...Salam..

      Hapus