Senin, 24 Mei 2010

23 Mei 2010 - Mengikuti UNDX Contest

Dengan tidak direncanakan, pada hari Minggu tgl 23 Mei 2010 sore dari pukul 17:30 sampai pukul 19:00 WIB, saya ikut berpartisipasi di UNDX Contest yang diselenggarakan oleh Klub Amatir Kazakhstan, Asia Tengah (Central Asia)..

Perangkat yang saya gunakan adalah radio mono-bander tuk 10 meter merek Realistic (lihat foto diatas) yang saya beli dari seorang HAM di Tebet setahun yang lalu..Radio Realistic model HTX-100 ini hanya bisa beroperasi di mode USB dan CW/Morse dan dipasarkan oleh Radio Shack/Tandy Corp di USA dari tahun 1988 sampai akhir tahun 1990an dengan harga awal saat peluncuran sebesar US$250 sampai saat terakhir sebelum didiscontinue diobral dengan harga US$75 per unit..

Output power bisa distel dari 5 Watt/QRP sampai maksimum 25 Watt..Radio ini sangat kompak dengan beratnya hanya 1 kiloan..Karena enteng dan portable, HTX-100 sangat popular dan digemari oleh amatir/HAM diseluruh dunia terutama oleh HAM di USA dan Eropa..Sampai sekarang masih banyak HAM yang menggunakan HTX-100 tuk berkomunikasi di 10 meter, tuk pemancar beacon di mode CW dan banyak unit yang dimodifikasi tuk dioperasikan diband 11 meter oleh rekan2 CBers dan Freebanders..

Tuk mendapatkan info lanjut tentang Radio ini, kunjungi Rig Pix dengan URL; www.rigpix.com/rs-realistic/realistic_htx100.htm dan reviewnya di eham dengan URL; www.eham.net/reviews/detail/2158

Kembali ke UNDX contest, keadaan propagasi di 10 meter pada Minggu sore kemaren sangat jelek/Poor..Awalnya saya tidak berminat tuk mengikuti kontes tersebut tapi karena saya baru selesai melakukan alignment HTX-100, maka saya sedang mencoba-coba tuk mencari lawan bicara di 10 meter tuk menguji radio ini..Pada pukul 17:00 WIB, antena Yagi 3-elemen tuk 10 meter saya tujukan menghadap Utara dan difrekuensi 28.450 USB saya mulai memanggil CQ CQ DX 10 meter..Tidak ada yang jawab karena propagasi di band 10 meter sangat jelek..Saya terus mencoba memanggil CQ CQ dengan antena saya berubah posisi dari UTARA, ke TIMUR, terus ke SELATAN dan terakhir ke BARAT..

Selama lebih setengah jam saya memanggil CQ CQ tanpa hasil atau No Takers..Saya lalu memutar-mutar dial frekuensi dan di 28.492 Mhz, saya terdengar signal kecil/lemah..Saya coba fokus dan akhirnya mendapat prefix call sign nya, yaitu JA stasiun dari Jepang..Antena Yagi pada saat itu sedang mengarah ke Barat dan karena JA stasiun tersebut terletak di Back End (buntut) antena Yagi, maka signal nya sangat lemah atau cuma register antara S nol-1 di LED HTX-100..Dengan diketahuinya bahwa yang memanggil adalah dari Jepang, maka dengan cepat, saya memutar antena Yagi ke arah Utara/Timur atau 35 derajat..Maka terdengar JA6OWD dengan jelas (S-7) sedang memanggil CQ UN Contest..Awalnya saya malas tuk merespons karena tidak ada rencana tuk ikut kontes tersebut, tapi karena tidak ada pilihan lain, maka saya menjawab dengan menyatakan, "Yankee Charlie.."..Dengan instan saya dapat respons, "Yankee Charlie Go Ahead..", dan kami saling tukar call sign, signal strength dan nomor urutan kontes..Saya diterima jelas oleh stasiun JA tersebut dan ini berarti kerjaan alignment HTX-100 saya sudah berhasil..

Namun karena saya telah menjawab kontes call JA stasiun tersebut, saya dah kepalang tanggung dan membuka "warung" di frekuensi 28.450 Mhz..Dengan sisa waktu kurang dari sejam saya lanjuti dengan memanggil CQ UN Contest selama 15 menit dan terdengar ada stasiun dengan prefix RU dari Russia menjawab..Saya buru2 memutar antena dari posisi 35 derajat ke Utara Barat atau 340 derajat dan terdengar dengan jelas (S-9) stasiun "big gun" RU6CQ menjawab CQ UN Contest saya..Kami bertukaran info kontes dan menurut RU6CQ, dia dapat mengcopy jelas signal saya dari HTX-100..Saya lanjuti dengan waktu kontes tersisa setengah jam lebih, tapi karena propagasi sudah mulai menutup, saya tidak dapat lagi kontak stasiun yang baru..

Saya mengakhiri kontes satu menit sebelum pukul 19:00 sore dengan mendapat 2 stasiun diband 10 meter dengan low power (cuma 25 Watt)..Walaupun cuma dapat 2 stasiun, malam Minggu kemaren saya sangat puas dan gembira karena telah berhasil meng-alignment HTX-100..

Demikian pengalaman saya menggunakan Realistic HTX-100 untuk mengikuti kontes UNDX yang tidak terencana..Paling penting HTX-100 saya yang sudah berumur 20 tahunan masih dapat beroperasi dengan normal dimana RXnya cukup peka dan noise levelnya sangat lembut..Pantas radio ini sangat popular dijaman nya sampai saat ini..

Salam hangat,
JOY/YC0NSI

6 komentar:

  1. selamat om Agung, atas blognya. pls tampilkan radio2 yg vintage donk. minimal bisa lihat lihat punya om Agung, biarpun belum mampu memiliki he he he.
    CU at 27.555.

    regards,
    Djoko Warung Buncit JZ09ISH/YDØOUD/91RSN480

    BalasHapus
  2. Thanks OM Djoko..tar secara bertahap akan saya tampilkan radio Jadul nya..hihi..sering2 mampir ya dan tukar tukar pengalaman..C u on air..Salam, JOY/YC0NSI.

    BalasHapus
  3. OM Joy contest yang menarik di ikuti sebentar lagi tiba saatnya de YC0IEM

    BalasHapus
  4. Apa kabar OM Hotang? Terima kasih atas kunjungan nya..Kalau tidak ketemu OM Hotang 5 tahun yang lalu, mungkin saya tidak bisa ikut contest apapun :) ..Sering2 mampir ya OM dan bagi2 pengalaman..Thanks n 73, de JOY/YC0NSI

    BalasHapus
  5. Trims om Joy atas doanya...............kondisi saya dah mendingan walo blm bisa aktifitas cangkulan .......From Didin JZ 14 BH

    BalasHapus
  6. Hello OM Didin, salam sejahtera dari Jakarta Barat dan mudah-mudahan dalam waktu dekat, anda sudah bisa beraktifitas kembali..JOY/YC0NSI

    BalasHapus