Selasa, 25 Mei 2010

Bernostalgia dengan Tedelex TE-4000 40 CH AM only CB


Perangkat transceiver saya yang pertama adalah Citizens' Band Radio atau radio CB yang sangat popular dari era tahun 1940an sampai sekarang..Puncak popularitasnya di Indonesia adalah ditahun 1970an sampai akhir dekade 80an..Saya yakin banyak rekan2 ORARI memulai karir radionya dari radio CB..

Radio yang tertera difoto atas ini adalah merek Tedelex model TE-4000 dan power supplynya merek DICK SMITH, kedua-duanya produk keluaran Australia yang dibeli dari baru ditoko elektronik Radio Shack/Tandy Corp di Melbourne di pertengahan tahun 1983 saat saya kuliah disana..CB ini cuma bisa beroperasi di Mode AM di frekuensi 11 meter band dari 26.965 Mhz (Channel 1) sampai 27.405 Mhz (Channel 40)..Maksimum output powernya cuma 4 watt menggunakan power supply Dick Smith 13.8 V dengan kekuatan Continuous 2 Amper dan 4 Amper Peak..

Radio CB ini memberikan kenangan yang manis karena pertama kali saya memakainya saat saya masih duduk di bangku semester 1 di Melbourne..Saat itu, saya sering "break-break" dimalam hari dengan"bule-bule" Australia dengan logat khas mereka..Saya pernah ber Eyeball QSO/ketemu dengan beberapa breaker dari Melbourne bagian Timur dan Selatan dan menjadi teman akrab sampai saya selesai kuliah di tahun 1988..Bahkan kadang saya masih teringat dengan salah satu breaker YL/Young Lady berambut panjang warna blonde yang cantik dan sering kami sama-sama berdisko ria di tahun 1980an :-)..Sayangnya saat saya kembali dan menetap di Jakarta ditahun 1988, saya sudah hilang kontak dengan grup breaker-breaker dari Australia ini..

Radio CB ini masih berfungsi dengan normal 100%..Terakhir saya "memanasi" radio ini adalah pada hari Minggu tanggal 23 Mei 2010..Dengan santai, saya ngobrol/qso dengan beberapa rekan dari RAPI di sekitar Jabodetabek sampai Medan, Surabaya dan Bali saat propagasi terbuka di Channel 14 (27.125 Mhz) mode AM..

Kepada breaker-breaker dan rekan ORARI, kalau anda masih menyimpan radio-radio CB, coba dipanas-panasi dan ikut kongkow2 di Channel 14 AM pada hari Minggu siang dan mudah-mudahan bisa memberikan kenang-kenangan yang indah..

Salam, JOY/YC0NSI..

9 komentar:

  1. OK pak Joy akan saya coba monitor di ch. 14

    BalasHapus
  2. Salam kenal OM Adi, terima kasih sudah mengunjungi Blog saya..Kadang kalau hari Minggu pagi sampai sore kita kumpul2 di CH 14 AM dan kadang malam hari juga dari jam 20:00 an..Mudah-mudahan kita bisa ber QSO ria di CH 14 ya OM dan bernostalgia..Salam, Joy/YC0NSI..

    BalasHapus
  3. salam kenal om, saya didin di denpasar bali call sign saya : JZ 14 BH dan masih eksis menggunakan CB sampai saat ini,kami rekan2 di bali klo propagasi tdk buka biasa nongkrong di CH 14 ( 27.125 Mhz ),mudah2an suatu saat kita bisa ketemu ya om...........

    BalasHapus
  4. Hello Haji Didin, ok saya akan sering2 monitor di CH 14 AM menggunakan CB jadul ini..sampai jumpa di frekuensi..JOY

    BalasHapus
  5. Kapan-kapan kita coba ya Om Joy.
    Sy punya midland 40 ch AM.YC0ORR

    BalasHapus
  6. OK om Yanto, kapan kita coba di Ch.14 AM ?

    BalasHapus
  7. om agung apa kabar ?
    sekarang sudah jarang muncul yach di ch 30

    BalasHapus
  8. OM Inun, kapan kita CQ CQ lagi? hehe, 73

    BalasHapus