Jumat, 28 Mei 2010

Bertugas di Purwokerto, Jawa Tengah

Hari Rabu tanggal 26 Mei 2010, saya ada kerjaan di Purwokerto dan saya berangkat dengan kereta Argo Dwipangga jam 8 pagi dan tiba distasiun Purwokerto Jam 12.55 siang..

Purwokerto adalah sebuah kota yang mempunyai penduduk sebanyak 1,2 juta jiwa dan cuaca saat tiba sangat baik dengan langit yang biru dan suhu temperatur yang sejuk kurang lebih 26-28 derajat celsius..Kotanya sangat indah, teratur dan bersih (dibanding dengan Jakarta)..

Selain mengunjungi rekan kerja dan bekerja sampai sore hari, malamnya saya diajak menyantapi Nasi Liwet dipinggiran jalan kota..Hidangan Nasi Liwet dan Teh hangat tawar tidak kalah dengan yang di Solo..Terus, kami lanjut dan menuju ke utara kota Purwokerto ke tempat wisata terkenal di Jawa Tengah, yaitu Baturaden di lereng Gunung Slamet dengan ketinggian kurang lebih 300 meteran dari permukaan laut..Perjalanan ke Baturaden dengan kendaraan pribadi hanya 20 menit dengan jalan lurus yang menanjak cukup tajam..

Baturaden sangat digemari wisatawan dari sekitar Purwokerto dan seluruh Nusantara..Kalau diakhir Minggu dan liburan nasional, tempat wisata ini sangat dipadati penduduk lokal (seperti Puncak di Jakarta)..Cuaca saat kami tiba pada pukul 9 malam baik dan suhu sekitar 20 derajat celsius..Badan saya terasa fresh dan nafas terasa segar seperti lagi merokok rokok menthol :) .. Banyak tempat hiburan malam seperti Karoke, tempat makan dan kalau disiang hari ada tempat tuk Outdoor Activities seperti memancing, trekking, pemandian air panas, camping dan Flying Fox..

Kami sempet berhenti disebuah pasar tuk mencoba jagung bakarnya..Enak sekali rasanya sambil menikmati view kota Purwokerto dari ketinggian 300 meteran dari permukaan laut..Saya sempet mengeluarkan perangkat radio kecil dan sangat portable merek Yaesu model FT-817 (lihat foto)..Pesawat ini hanya mempunyai kekuatan memancar sebesar 5 Watt/QRP dan bisa beroperasi di All Mode (HF/6m/2m/70cm SSB/CW/AM/FM)..Untuk power supply, saya bawa DC cordnya tuk dicolokan ke Cigarette Lighter dikendaraan Kijang dan tuk antena saya menggunakan antena Teleskopik dari MFJ..Antena saya langsung konek ke belakang radio dan saya sambungkan juga kabel speaker sepanjang 10 meteran di terminal Ground radio tuk berfungsi sebagai kabel counterpoise (seperempat lambda tuk band 40 meter)..

Karena setting yang kurang pas, SWR sangat tinggi sampai 3:1 di Band 40 meter jadi saya tidak berani transmit dan cuma memutar-mutar frekuensi dari 7.040 Mhz sampai 7.100 Mhz..Seperti biasa, malam itu banyak rekan2 ORARI dari seluruh Nusantara yang sedang ber QSO ria..

Kurang lebih sejam kemudian, kami turun kembali ketempat penginapan di Hotel Dynasty dijantung kota..Sebelum tiba dihotel, kami sempet mampir tuk mencoba roti bakar yang terkenal dipinggir salah satu jalan besar dikota..Roti bakar cokelat dan keju ini saya lalapkan dengan kopi manis yang buat badan terasa hangat kembali dari rasa dingin..Kembali dihotel saya langsung istirahat karena sudah satu harian beraktifitas dan sudah lelah..

Dihari kedua, saya menyambung pekerjaan sampai sore dan dimalam hari saya sempet menyantap Bebek Goreng ala Purwokerto yang tiada duanya..Bebek gorengnya benar benar enak dimana dagingnya empuk dan bahkan tulangnya garing seperti makan kerupuk..dikesempatan ini, saya juga bertemu/Eyeball dengan OM Kus/YD2GTC dari lokal Purwokerto..sayangnya OM Kus lagi kurang sehat pada malam itu dan pertemuan kita cuma sampai selesainya acara makan malam..

Seusai makan malam pada pukul 21:00 dan sebelum menuju ke stasiun Purwokerto tuk kembali ke Jakarta pukul 23:30 malam dengan Argo Dwipangga, saya sempet diundang ke Karoke Lips di kompleks Hotel Dynasty..Tempatnya lumayan juga dan seleksi lagunya cukup up to date..Salah satu hobi saya adalah menyanyi dan malam itu saya bener-bener enjoy dan menghilangkan stress dari aktifitas seharian yang cukup padat..Jam 22:45, saya meninggalkan tempat Karoke dan didrop di stasiun kereta tuk kembali ke Jakarta..

Kunjungan saya ke kota Purwokerto memang singkat tapi cukup berhasil dan mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, saya akan ada kesempatan tuk kembali dan kali ini akan saya lebih siap tuk bisa mengtransmit dari Purwokerto menggunakan perangkat FT-817 QRP dengan call sign YC0NSI/2 portable..