Sabtu, 29 Mei 2010

Hubungan antara film Prince of Persia dan radio klasik

Diawal tahun 1990an, waktu saya masih bujangan, saya kecandu dengan sebuah PC Game petualangan dengan judul Prince of Persia..Game ini dimainkan di Komputer PC AT dengan monitor VGA berwarna..Pada saat itu, game ini boleh dikatakan canggih dengan warna yang cemerlang dan sound effect 8 bit stereo yang lumayan menawan..

Prince of Persia sangat berhasil dan dibuat beberapa sekuel dan hampir 20 tahun kemudian, dibuat film kolosal layar lebar oleh Walt Disney dengan judul Prince of Persia, the Sands of Time..

Pada hari Sabtu tanggal 29 Mei sore, saya dan keluarga menonton Prince of Persia di Cinema XXI Plaza Senayan..Cerita film ini klasik, yaitu tentang Good vs Evil dimana karakter utamanya, Pangeran Dastan dituduh membunuh Ayahnya, seorang Raja di negri Persia kuno..Dia melarikan diri karena terasa difitnah oleh saudaranya..Pangeran Dastan mempunyai senjata pamungkas untuk melawan pihak jahat, yaitu sebuah belati yang bisa memutar waktu kemasa lalu atau time travel..Dengan senjata ini dan bantuan dari seorang Princess cantik, akhirnya pihak yang benar menang dan Prince Dastan dapat memperbaiki citranya dan supaya ceritanya lengkap, menikahi Princess yang cantik :)..

Seusai nonton dan makan malam, saya dan keluarga kembali ke rumah..Saya lalu masuk ke radio shack dimana saya dikelilingi dengan radio2 vintage/tua..Seperti Prince Dastan di film, saya terasa "Time Travel" dan kembali 40 tahun silam ke jaman 60-70an saat saya masih kecil..Disebelah kiri ada sebuah radio gelombang pendek merek Philips seperti milik alm. Kakek, di tengah meja ada transceiver setline buatan Amrik merek Heathkit HW-101, Heathkit HW-8 CW only QRP transceiver dan diatasnya disusun radio setline Kenwood TS-520S, dua-duanya radio tabung model produksi awal tahun 70an saat saya masih duduk dibangku SD..Disebelah kanan saya ada radio transceiver tabung setline Yaesu FT-101F dan diatasnya disusun transceiver tabung buatan Amrik tahun 60an merek SWAN 350 HF dan Siltronix Comanche 1011D (lihat foto kiri atas)..

Saya menyalakan radio Heathkit HW-101 (lihat foto susunan bawah) dan sambil menunggu tuk lebih dari 12 tabung nya memanas dan stabil, saya sempet membuat kopi dan menikmati sebatang rokok Samsu filter..Tidak lama kemudian, terdengar modulasi rekan-rekan ORARI di 80 meter band dengan kualitas natural seperti sedang mendengar HI-FI top end serba tabung :) .. Saya pejamkan mataku dan biarkan pikiran saya "melayang-layang" mengenang pengalaman indah saat saya masih duduk dibangku SD di Jakarta dan Singapura..

Bagi rekan yang berminat, diatas blog ini ada video radio Heathkit yang saya tampilkan di Youtube..silahkan klik di menu Youtube diatas dan enjoy the video..

Mudah-mudahan rekan yang sempet baca artikel ini juga mempunyai kenangan indah yang bisa dibagi-bagi di blog saya ini..Selamat berhari Minggu dan enjoy Radio Hobby..

Salam, JOY/YC0NSI

2 komentar:

  1. Om Agung, Senang dapat mampir ke Website ini. Wah Radionya keren-keren neh....... Kapan nge-DX lagi bareng-bareng di 80m band. Ari-YD0OIT/JZ09GWJ

    BalasHapus
  2. Hello OM Ari, apa kabar? Dah lama ya kita tidak ber QSO..Sepertinya propagasi di low band lagi lumayan baik dan mudah-mudahan dalam waktu dekat kita bersama sama DX lagi di 80m..Salam, JOY/YC0NSI..

    BalasHapus